Tips Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi

Banyak model belajar yang digunakan oleh sekolah selama masa pandemi. Ada sekolah yang strike memberlakukan jam belajar seperti jadwal setiap hari di sekolah namun pelaksanaannya secara daring. Bahkan ada sekolah yang mengharuskan siswanya untuk menggunakan seragam sekolah di rumah selama jam belajar. Namun ada juga sekolah yang lebih menitkberatkan pada ketercapaian tujuan belajar dan sedikit memberi kelonggaran bagi siswa-siswanya selama masa pandemi.

Model-model belajar yang diterapkan di atas memiliki banyak konsekuansi. Ada positif dan ada juga negatifnya. Namun, saya yakin dan percaya semua orang tua pasti mengharapkan yang terbaik bagi anak-anak mereka, khususnya tentang kompetensi yang dimiliki mekipun belajar dilakukan secara daring. Sebagian orang tua merasa khawatir bahwa anaknya kurang mendapatkan hak-haknya selama belajar di rumah itu wajar. Ada juga yang merasa khawatir sang buah hati tidak akan maksimal dalam menangkap pelajaran dari rumah, itu juga wajar.

Tips Belajar di Rumah Selama  Masa Pandemi

Jika Anda sebagai orang tua dan memiliki kekhawatiran seperti itu, silakan baca tips belajar efektif di rumah selama masa pandemi berikut ini:

Atur waktu belajar
Mengatur waktu belajar setiap harinya sangatlah penting. Anak tidak boleh dibiarka seenaknya sendiri dalam belajar. Ingat, belajar dari rumah bukan liburan. Belajar dari rumah adalah sistem belajar yang hanya memindahkan kebiasaan belajar tatap muka menjadi kebiasaan belajar dalam jaringan. Esensi belajarnya tetaplah sama. Pengaturan waktu belajar dapat dilakukan dengan mengikuti jadwal yang elah ditetapkan oleh pihak sekolah setiap harinya. Jika memerlukan waktu tambahan untuk mengerjakan tugas dan semacamnya bisa diatur setelah kegiatan belajar sekolah selesai.

Fokus pada tujuan 
Belajar secara daring tentu akan selalu berpatokan pada tujuan kurikulum. Kompetensi ketercapaian belajar adalah rambu-rambu yang harus dipatuhi bersama. Meskipun belajar dilakukan secara daring namun tujuan pembelajaran tidak boleh dikurangi. Oleh karena itu, siswa harus memahami kompetensi yang harus dikuasai dalam setiap materi yang diajarkan oleh guru.


Konsisten
Belajar itu harus rajin, tapi rajin saja tidak cukup, harus konsisten. Kalau putra-putri Anda sudah menerapkan rumus ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Belajar secara rajin dan konsisten perlu ditanamkan sejak dini pada anak untuk memupuk semangat ingin tahu anak.

Hiburan
Ketika belajar dari rumah, anak-anak juga perlu hiburan. Hiburan dperlukan agar anak tidak merasa jenuh dan bosan. Belajar dari rumah memang tidak memungkinkan terjadinya interaksi dengan teman sebaya mereka seperti halnya di sekolah. Oleh karena itu, hiburan dapat dilakukan di rumah seperti mendengarkan musik, nonton tv, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa tips belajar di rumah selama masa pandemik yang dapat diterapkan mulai saat ini. Terima kasih

Leave a Comment